Kamis, 20 November 2008

sembilan elemen jurnalisme


CAROLIN
915070117

PERSONAL OPINION
(Sembilan elemen jurnalisme)



Buku ini bagus sekali untuk berbagi pengalaman yang sesama profesi (jurnalisme). Disini dijelaskan berbagai cara dalam menghadapi dunia wartawan melalui sembilan elemen. Sembilan itu antara lain adalah :

1. Menyampaikan kebenaran, yaitu seorang jurnalis harus menyampaikan berita dengan benar, sesuai dengan informasi yang ia terima. Dibutuhkan kejujuran dalam menyampaikan informasi.

2. Memegang kepercayaan publik, yaitu seorang jurnalis harus menyampaikan pesan dan memegang teguh kepercayaan pelanggannya. Selain itu jurnalis juga harus memilah dan menentukan bagaimana ia harus menyampaikan informasi dengan benar kepada banyak orang yang heterogen.

3. Disiplin verifikasi, dalam disiplin verifikasi terdapat lima konsep verifikasi :
a. Jangan menambah atau mengarang apapun.
b. Jangan menipu atau menyesatkan pembaca, pemirsa, maupun pendengar.
c. Bersikaplah setransparan dan sejujur mungkin tentang metode dan motivasi anda dalam melakukan reportase.
d. Bersandarlah terutama pada reportase anda sendiri.
e. Bersikaplah rendah hati.

4. Independen, yaitu jurnalis harus sebisa mungkin bersikap independen, tanpa takut dan tanpa tekanan, tanpa konflik kepentingan. Dikatakan juga bahwa jurnalis harus independen dari kelas atau status sosial. Media umumnya melakukan penargetan strategis kepada demografi elite.

5. Memantau kekuasaan dan menyambung lidah rakyat, yaitu memantau kekuasaan bukan hanya terhadap pemerintah saja, tapi juga terhadap kalangan lain yang memiliki andil besar dalam kehidupan bernegara.

6. Menjadi forum publik, yaitu menciptakan sejumlah saluran yang memungkinkan warga berinteraksi.

7. Memikat dan relevan, yaitu menyediakan informasi yang dibutuhkan orang dan menyajikan sebuah berita secara menarik dan berisi.

8. Proporsional dan komprehensif, yaitu menggali lebih jauh fakta-fakta dan menyusunnya dalam sebuah konteks. Berita harus mudah dipahami dan sesuai.

9. Berhati nurani, yaitu mengikuti nurani jauh lebih penting daripada apapun yang mereka percayai atau keyakinan apapun yang mereka bawa ke dalam pekerjaan mereka.

Selain kejelasan yang disebutkan diatas, buku ini juga memberikan berbagai cerita atau contoh-contoh berdasarkan pengalaman penulis, sehingga pembaca menjadi lebih mudah mengerti yang dimaksudkan oleh penulis.






You've Got A Friend.mp3


Free Search Mp3 Code at www.codelagu.com

0 komentar:


Blogger Templates by Isnaini Dot Com. Supported by ArchiThings.Powered by Blogger